Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Citarum dan Ciliwung melakukan sosialisasi rencana kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) yang akan dilakukan Kelompok Tani Hutan (KTH) di 2 Kecamatan yakni Kabandungan dan Kalapanunggal, di aula Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Selasa (04/07/2023).

Pitra, selaku perwakilan dari Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak menyampaikan paparannnya, keseimbangan ekosistem menjadi tanggung jawab kita bersama, dengan dilandasi niat yang tulus dan keterlibatan para pihak pelaksanaaan RHL akan berjalan dengan baik.

Di tempat yang sama Bagus, selaku kepala bidang perencanaan menyampaikan, dalam pelaksanaan RHL tahun ini akan melibatkan 5 KTH yang saat ini sudah memiliki perjanjian kerjasama (PKS) antara TNGHS dan KTH, dengan jenis tanaman asli TNGHS dan buah buah an

” Kita sudah berproses dan bertemu beberapa kali sebelumnya untuk mnyepakati jenis yang akan di tanam, dengan jenis tanaman asli Rasamala, Puspa, Huru, sementara untuk tanaman buah sesuai dengan usulan dari KTH Alpukat, Durian, Jengkol, Petey “, papar Bagus.

Hadir dalam acara sosialisasi Perkumpulan Absolute Indonesia selaku lembaga lokal yang konsisten melakukan pendampingan terhadap KTH dalam proses permohonan PKS antara TNGHS dengan KTH.

Kosar, selaku Ketua Badan Pengurus Absolute Indonesia menjelaskan bahwa proses panjang untuk mengupayakan kepastian hukum bagi KTH sudah dilalui, saat ini KTH harus terus menerus memperkuat dan mengembangkan 3 aspek penting dalam mewujudkan keseimbangan ekologi dan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan, seperti tata kelola kelembagaan, tata kelola usaha dan tata kelola kawasan.

” Inisiatif pengelolaan lahan secara berkelanjutan tersebut harus sejalan (inline) dengan Rencana Pengeloln Program (RPP), Rencana Kerja Lima tahunan (RKL) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT). Selain itu menjalin sinergi dan dukungan dari Pemerintah Daerah, privat sector dan pihak-pihak lainnya sangat dibutuhkan, agar inisiatif ini berjalan dengan baik, terukur dan capaiannya bisa terus meningkat”, pungkasnya.