Seren Taun ke-644 Kasepuhan Ciptagelar

Maaf sebelumnya jika pemberitahuan ini terlambat …
Namun walau terlambat, tentu masih lebih baik daripada tidak ada sama sekali.

March 3, 2021

Sweet & Delicious

Para pembaca yang budiman. Sebagai pengelola blog ini, dari kawasan Pegunungan Halimun di selatan Jawa Barat, kami ingin mengabarkan bahwa mulai besok Kasepuhan Adat Ciptagelar akan menggelar acara akbar Seren Taun. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2012. Puncak acara akan dilakukan di Ciptagelar (dahulu dikenal dengan nama Cicemet), Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Seren Taun adalah sebuah ritual adat yang terkait dengan upaya mensyukuri hasil pertanian, terutama padi. Terdapat sejumlah ritual adat yang dilakukan sebelum diselenggarakannya Seren Taun, yaitu Turut Nyambut, Ngaseuk, Mipit, dan Nganyaran. Dengan demikian ritual Seren Taun dianggap sebagai ritual terakhir dalam satu tahun kegiatan pertanian. Mungkin bisa juga disebut sebagai puncak ritual adat untuk padi.

Padi ditanam secara organik di sawah dan di ladang (huma). Ia ditanam selama setahun sekali. Begitu dihormatinya padi, bahkan ia hanya boleh dipanen dengan menggunakan ketam (ani-ani), tidak boleh dimasak dengan rice-cooker atau magic jar, serta tidak boleh diperjual-belikan.

Dalam acara Seren Taun, biasanya akan ditampilkan beragam jenis kesenian adat Sunda, seperti Jipeng, Wayang Golek, Dogdog Lojor, Pencak Silat, dan lain-lain.

Naahh … tunggu apa lagi, jika Anda sempat silakan berkunjung ke Kasepuhan Adat Ciptagelar. Diperkirakan acara Seren Taun ini akan dihadiri oleh ribuan orang. Tentu saja acara ini akan sangat meriah …

informasi lain mengenai Seren Taun ini dapat dilihat juga di sini atau pada laman facebook ini